Alih Kode dalam Video Blog Farida Nurhan pada Youtube

Nadia Yulinda Putri

Abstract


Keragaman bahasa di Indonesia dapat memunculkan adanya peristiwa kontak bahasa. Munculnya kontak bahasa inilah yang menyebabkan adanya beberapa peristiwa, salah satunya adalah alih kode. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk alih kode serta faktor-faktor yang menyebabkan adanya alih kode pada video blog milik Farida Nurhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang ada pada lima video milik Farida Nurhan pada youtube. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dengan menghubungkan perbandingan kegiatan verbal di dalam video blog Farida Nurhan yang kemudian diubah ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis alih kode berdasarkan konteks yaitu alih kode metaforis dan alih kode situasional ditemukan namun jumlahnya tidak banyak. Alih kode metaforis berjumlah 8 sedangkan alih kode situasional berjumlah 2. Dalam penelitian ditemukan juga jenis alih kode berdasarkan bahasa yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Wujud alih kode intern ditemukan: (1) Alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa atau sebaliknya berjumlah 36, (2) Alih kode antarragam yaitu ragam formal ke ragam informal atau sebaliknya berjumlah 3. Wujud alih kode ekstern: (1) Alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris) berjumlah 13. Faktor penyebab alih kode yang ditemukan: (1) Penutur, (2) Lawan tutur, (3) Meningkatkan rasa humor.

 

Kata Kunci: Alih Kode, Video Blog,  Sosiolinguistik


Full Text:

PDF

References


Chaer,Abdul. 2013. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Chaer, Abdul dan Agustina,Leonie. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal Jakarta:PT.Rineka Cipta,2014).

Fatimah,dkk. 2018.“Solidaritas Sosial Masyarakat Jawa Perantauan di Kampung Jawa Kota Tanjungpinang”, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Alih Haji.

Hamidah,dkk. 2020. “Linguistics Politeness Markers In Australian Embassy In Indonesia’s Social Media”, BAHTERA, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 19 Nomor 2.

Holmes,Janet.2013. An Introduction to Sosiolinguistics.NewYork:Routledge

Septiana, Niar. 2016. “Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Kualitas Persahabatan Peserta Didik”, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sholikhah,Miftakhus,dkk.2019. “Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak”, Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Madiun.

Silvana Sinar,Tengku.2008. Teori dan Analisis Wacana. Pendekatan Sistemik Fungsional. Medan: Pustaka Bangsa Press.

Sudaryanto.1993.Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University.

Wijianto. 2016. “Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo”,Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.51817/nila.v2i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI

Published by Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya.

Sekretariat Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun Jakarta Timur 13220
ppjbsip@gmail.com / admin@ppjb-sip.org  +62 852-2072-0191

Nuances of Indonesian Language has been covered by the following services: